8 Cara Merawat Motor Matic Agar Tahan Lama

Anda pengguna motor matic ? Motor matic saat ini banyak yang menggunakan teknologi injeksi, sehingga dalam perawatannya memerlukan tenaga ekstra. Praktikkan tips berikut agar motor kesayangan Anda itu awet dan tahan lama.

0
117
8 Cara Merawat Motor Matic Agar Tahan Lama

Indonesia menjadi salah satu negara yang paling banyak jumlah pengguna motor maticnya. Perawatan Motor matic sebenarnya tidak jauh berbeda dengan motor bebek 4 tak. Tetapi dalam perawatannya, motor matic memerlukan perawatan khusus, apalagi sekarang motor matik banyak yang menggunakan teknologi injeksi sehingga dalam perawatannya memerlukan tenaga ekstra. Bila Anda merupakan pengguna motor matic dan ingin motor kesayangan Anda itu tahan lama bisa ikuti tips dibawah ini yang bisa dicoba dan praktikkan di rumah.

Sebelum Digunakan, Panasi Motor Terlebih Dahulu

Biasakan untuk memanasi motor matik Anda sebelum digunakan. Hal ini bertujuan agar oli keseluruhan bisa tercampur di dalam mesin sehingga performance bisa maksimal. Tidak perlu berlama-lama untuk melakukan pemanasan mesin cukup menghidupkan selama 5 sampai 10 Menit.

Hindari Terlalu Sering Mengubah Kecepatan Laju

Bila Anda menggunakan motor matik hindari berkendara dengan kecepatan kecang kemudian tiba tiba me-rem mendadak dan kembali menarik gas lagi hingga kencang dan me-rem lagi. Hal-hal buruk tersebut bisa membuat mesin motor matik cepat mengalami kerusakan.

Selalu Mengecek Bahan Bakar (Bensin)

Ada sebagian orang yang memiliki kebiasaan melakukan pengisian bensin saat bensin tersebut sudah mau habis. Bahkan ada orang yang baru akan membeli bensin bila bahan bakarnya sudah benar-benar habis. Kebiasaan buruk tersebut sebisa mungkin jangan sampai Anda lakukan. Sebisa mungkin jarum penunjuk bahan bakar jangan sampai berada di posisi E atau empty apa lagi lewat dari huruf E di info speedometer.

Rutin Mengganti Oli Motor

Sebisa mungkin untuk mengganti oli motor secara rutin. Sebaiknya untuk jadwal pergantian oli motor itu dilakukan setiap 1000 KM dan untuk pergantian oli transmisi motor maksimal bila motor sudah mencapai 5000 KM.

Memeriksa Kondisi Aki dan Busi

Aki dan busi harus selalu Anda jaga supaya motor matik Anda bisa bertahan lama dan tidak mudah mogok saat berkendara baik perjalanan pendek maupun jauh. Busi motor juga sangat berguna untuk motor matik supaya lajunya kecang. Bila aki dan juga busi tidak berfungsi dengan baik maka harus segera Anda ganti dengan yang baru. Disarankan agar Anda membelinya dari bengkel yang resmi.

Over the counter substitute for benzaclin

Periksa Roler dan Ventbelt

Pada motor metik, sebaiknya rutin melakukan pengecekan pada roler dan ventbelt. Bila Anda check kondisinya sudah tidak layak pakai, sebaiknya ganti dengan yang baru dan asli.

Ganti Oli Shockbreaker

Oli juga bukan hanya terdapat pada mesin motor, tapi oli juga terdapat pada shockbreaker dan perlu adanya pergantian setiap motor mencapai 10000KM, tujuannya agar shock motor tetap berfungsi A�dengan baik.

Menggunakan Bensin Berkualitas

Hindari mengisi bensin campuran, karena kualitas bensin bisa memengaruhi kualitas mesin motor Anda. Isilah bensin langsung di pom bensin resmi yakni yang dikelola oleh pemerintah (pom) atau tempat penjual bensin yang memang sudah dipercaya. Karena bensin murni bisa mengakibatkan motor aman tapi sebaliknya jika bukan bensin murni tentunya akan mengakibatkan bahaya bagi motor Anda.

Demikian informasi 8 cara merawat motor matic supaya tahan lama. Semoga dengan cara-cara di atas bisa Anda terapkan dan membuat motor matik Anda tahan lama.

Ikuti Promo Yamaha Mio J Teen

Bagi Anda yang sedang mengumpulkan uang untuk membeli motor matik baru, coba saja ikuti promo Yamaha Mio J Teen yang ada di Alfamart. Promo Yamaha Mio J Teen terselenggara berkat kerjasama antara Alfamart dan minuman Coolant. Lewat promo Yamaha Mio J Teen tersedia dua motor Yamaha Mio J Teen. Mekanisme promo Yamaha Mio J Teen, yakni:

  1. Khusus member setiap pembelian 2 PC COOLANT all variant bisa mendapatkan 1 bintang.
  2. Kumpulkan bintang sebanyak-banyaknya dan raih kesempatan mendapatkan hadiah dua mingguan dan berkesempatan mendapatkan hadiah Grand Prize.
  3. Hanya untuk end user, bukan untuk pedagang dan pemburu hadiah.
  4. Alfamart berhak mendiskualifikasi member dengan transaksi tidak wajar dan pemenang berdasarkan penjurian serta tidak dapat diganggu gugat.
  5. Info lebih lanjut bisa kunjungi alfamartku.com, Facebook CoolantID dan Instagram @coolantid.

Untuk hadiah dua mingguan Anda berkesempatan mendapatkan hadiah berupa 500 voucher pulsa 25 ribu, 1000 product Coolant, 5 Fujifilm A-X10, 8 Samsung Galaxy J7 Prime, 6 cash back 2.5 juta, dan cash back 1 juta. Ayo ikuti promo Yamaha Mio J Teen ini yang hanya berlangsung dari tanggal 1 Februari hingga 31 Maret 2018.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY